Detail Artikel


  • 26 Februari 2021
  • 2.319
  • Artikel

Apa itu, Pemeriksaan Viral Load Bagi ODHA?

Apa itu viral load HIV ?

Viral load adalah istilah yang digunakan untuk merujuk jumlah / banyaknya virus di dalam darah seseorang. Jadi viral load HIV adalah jumlah / banyak virus HIV yang ada di dalam tubuh atau seseorang yang telah terinfeksi HIV. Untuk mengetahui jumlah suatu virus tersebut maka dilakukan Tes Viral Load pada Orang dengan HIV AIDS atau ODHA.

Pentingnya Tes Viral Load ?

Sebagaimana tertuang adalam Permenkes No. 21/2013 strategi penanggulangan HIV AIDS adalah melalui Triple 90, yaitu : 90 % ODHA tahu statusnya, 90 % ODHA yang tahu statusnya diobati dan 90 % yang diobati mengalami penurunan virus di dalam tubuhnya. Untuk mengetahui apakah virus dalam tubuh odha mengalami penurunan atau tidak maka perlu dilakukan tes viral load.

Tes Viral Load pada ODHA dapat dipakai untuk melihat efektivitas pengobatan pada ODHA. Tes Viral load idealnya dilakukan kepada pasien yang sudah melakukan pengobatan pada 6 bulan pertama, kemudian 12 bulan berikutnya dan kemudian bisa dilakukan secara rutin 12 bulan sekali atau juga pada ODHA yang dicurigai mengalami kegagalan pengobatan.

Hasil viral load diatas 100.000 copy/ml menunjukkan jumlah virus yang tinggi di dalam darah. Hasil viral load dibawah 10.000 copy/ml menunjukkan jumlah virus dalam darah rendah. Hasil viral load dibawah 20 copy/ml menunjukkan bahwa virus tidak terdeteksi.

Viral load yang semakin sedikit menunjukkan bahwa ODHA memeliki risiko yang semakin kecil untuk menularkan HIV kepada orang lain.

Beberapa penyebab viral load pada ODHA tidak menurun :

  1. ODHA tidak minum obat (ARV) secara teratur
  2. Dosis atau rejimen obat yang diberikan kurang tepat
  3. ODHA memiliki penyakit penyerta lainnya

Catatan penting yang perlu diingat adalah Pengobatan ARV yang diberikan hanya dapat menekan jumlah virus dalam darah. Meskipun hasil viral load seorang ODHA sudah sangat rendah dan tidak terdeteksi, hal tersebut tidak menunjukkan bahwa virus benar-benar hilang dari darah, sehingga ODHA tetap harus mengkonsumsi ARV secara teratur. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 7.584
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.114.935