Detail Artikel


  • 09 Agustus 2021
  • 1.144
  • Artikel

Apa dan Mengapa Vaksin COVID-19

Coronavirus Disease 2019 atau juga di sebut Covid -19 merupakan penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh virus SARS Cov2 atau virus corona. Pertama kali penyakit ini  menyerang di Wuhan China  pertengahan Desember 2019 yang di perkirakan akibat  tertular dari hewan kelelawar. Covid-19 selanjutnya menyebar ke beberapa negara dan dunia  termasuk Indonesia.

WHO menyatakan Covid-19 ini menjadi pandemi global ( menyebar secara meluas dan cepat) sejak 11 maret 2020. Sampai saat ini jumlah terkonfirmasi covid -19 di Indonesia per tanggal 29 Mei 2021 sebesar 1.809.926 orang dan di DIY  sejumlah 44.412 orang, dengan tingkat kesembuhan DIY sebesar 92,62% , nasional sebesar 91,72% serta tingkat kematian DIY sebesar 2.62% sedangkan nasional 2,78%.

Gejala klinis dari corona virus atau Covid-19 ini adalah demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih, lesu, gejala ini bisa berupa gejala ringan , sedang sampai berat tergantung imunitas tubuh penderita dan besar paparan virus covid-19. Penularan penyakit ini melalui droplet ( percikan cairan atau liur ) dari hidung atau mulut penderita saat batuk atau bersin. Droplet tersebut  terhirup oleh orang sehat atau droplet jatuh pada benda sekitar dan tersentuh orang sehat kemudian menyentuh mata,hidung dan mulut. Penularan Covid-19 sangat mudah tetapi pencegahannya pun mudah  dengan 5 M Plus yaitu memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak , mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan serta plus meningkatkan imunitas dengan olah raga rutin, konsumsi gizi seimbang serta berperilaku hidup bersih sehat.

Di Indonesia maupun DIY kondisi Covid-19 sampai saat ini masih Fluktuatif, walaupun sudah cenderung mengalami penurunan. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai  Covid-19 salah satunya adalah dengan program vaksinasi.

Apa dan mengapa Vaksinasi ?

Kadang kita sering mendengar ataupun membaca istilah vaksin, vaksinasi, imunisasi dan imunitas, mari kita cermati istilah tersebut terlebih dahulu.

  1. Vaksin adalah Produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan ( imun ) tubuh manusia .
  2.  Vaksinasi adalah prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menstimulasi sistem imun tubuh agar dapat memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit.
  3. Imunisasi adalah proses yang membuat tubuh  manusia terlindung dari suatu penyakit melalui proses vaksinasi.
  4. Imunitas adalah kemampuan kekebalan tubuh melawan suatu penyakit.

Mengapa perlu vaksinasi Covid-19 ?

Vaksinasi Covid-19 diberikan agar tubuh mengenali virus tersebut dan memproduksi serta merangsang terbentuknya kekebalan tubuh sehingga mampu melawan virus di dalam tubuh. Dengan vaksinasi harapannya dapat menurunkan kasus konfirmasi, menjaga produktivitas masyarakat, melindungi kesehatan masyarakat serta mendorong terbentuknya kekebalan kelompok. Untuk terbentuknya kekebalan kelompok minimal 70 % penduduk tervaksinasi.

Vaksin Covid yang di gunakan sudah melalui uji pra klinik maupun klinik oleh BBPOM sehingga di jamin mutu dan  keamanannya

Berapa Dosis pemberian vaksin covid-19?

Dosis pemberian vaksin Covid -19 berbeda-beda tergantung merk dagang vaksin seperti contoh saat ini yang sdh di gunakan sinovac diberikan dengan 2 dosis jarak pemberian antara dosis pertama dengan dosis kedua selama 28 hari. Sedangkan vaksin Astrazeneca di DiY mulai akan diberikan dengan 2 dosis juga dengan jarak dosis pertama dan kedua selama 12 minggu.

Pemerintah saat ini sedang gencar untuk mencapai target vaksin, dari  sejumlah 181,46 juta orang minimal 70% ( 127,022 juta orang ) untuk memperoleh herd imunity ( kekebalan kelompok). Pemberian vaksin ini di bagi dalam 4 tahap dalam 2 gelombang dengan target gelombang pertama 39.86 juta dan gelombang dua sebesar 141,6 juta sedangkan saat ini telah tercapai cakupan vaksin nasional dosis 1 sebesar 37,99% , DIY sebesar 63,56% per tanggal 29 Mei 2021.artinya masih perlu kerja keras untuk mencapai target.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai target vaksinasi ini dengan meningkatkan edukasi informasi tentang vaksin melalui berbagai media agar masyarakat lebih faham, melakukan advokasi dan sosialisasi, melakukan kemitraan dengan berbagai sektor, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, dunia usaha, organisasi profesi dll, meningkatkan pemberdayaan masyarakat, membuka pelayanan di semua jenjang fasyankes serta membuka vaksinasi massal di berbagai tempat.

Upaya – upaya tersebut dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan capaian target vaksinasi sehingga harapannya  meningkatnya kesehatan masyarakat, yang pada akhirnya berdampak pada meningkatnya produktifitas. Namun upaya tersebut tidak sedikit yang menghalangi dengan menyebarkan berita-berita bohong ( hoaks) untuk menakuti masyarakat, mengajak masyarakat tidak mau di vaksin dan lain sebagainya. Berita hoaks terutama terkait vaksin covid ini sangat cepat tersebar dan menarik untuk di baca.

Melalui media ini kami menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima informasi, jangan ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar. Sebelum menyebarkan informasi ke yang lain perlu cek kebenarannya melalui kanal –kanal resmi yang ada misalnya dapat melalui :

link https://s.id/infovaksin

  • Group Whatshapp Mafindo nomor 085921600500
  • link https:// cekfakta.com
  • link https://covid19.go.id/
  • hotline Covid Dinkes DIY ke no 08112764800

Semoga bermanfaat

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 892
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 3.671.385