Detail Artikel


  • 21 Maret 2016
  • 3.648
  • Artikel

8 HERBAL PENAMBAH STAMINA TUBUH

8 HERBAL PENAMBAH STAMINA TUBUH

  1. Buah Mengkudu

Tanaman obat mengkudu sudah terbukti memiliki beragam khasiat dan manfaat. Jika ditambah dengan kecombrang, daun salam, dan pandan bisa berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai  jenis penyakit. Mulai dari tumor, kanker, anti diabetes, menguatkan lever, anti hipertensi, membersihkan darah, anti stroke, menurunkan asam urat dan kolesterol.

Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin dan mineral tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Biasanya ditemui di pasaran dalam bentuk kemasan minuman herbal sari buah.

  1. Buah Rosela

Terbuat dari tanaman obat rosela yang tidak diragukan lagi terbukti memiliki beragam khasiat . Tambahkan dengan daun salam yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai penyakit mulai dari menetralkan racun, menurunkan kolesterol, mengurangi panas dalam.

Kandungan di dalamnya mulai dari protein, kalsium, magnesium, kalium, besi, omega 3, asam amino, mengandung vitamin A, B dan C.

  1. Kunyit

Bisa dikonsumsi dari minuman herbal sari kunyit asem yang terbuat dari kunyit ditambah dengan asam jawa yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubun. Bisa juga  untuk mencegah berbagai jenis penyakit, seperti keputihan, haid tidak lancar, pencernaan, panas dalam. Kandungan di dalamnya adalah kurkumin dan minyak atsiri.

  1. Temuklawak

Campuran temulawak dengan jahe, cengkih dan kayu manis yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis  penyakit. Mulai dari maag, sembelit, sariawan, rematik, hingga menambah nafsu makan. Temulawak mengandung protein, karbohidrat, dan minyak atsiri.

  1. Ketumbar

Selain untuk memasak, ketumbar ternyata bisa memberikan efek tenang, menghilangkan sakit kepala, meningkatkan memori dan efektif dalam mengurangi deman. Sifat antimikroba dan antijamurnya dapat berguna sebagai detoksifikasi tubuh dari zat-zat berbahaya.

  1. Rosemary

Daun rosemary ternyata mengandung antioksida, antiinflamasi dan antiseptik sehingga bisa mengurangi peradangan. Selain itu tumbuhan yang bisa dijadikan bumbu masakan atau teh ini bisa menyembuhkan sakit gigi, sakit gusi, dan radang tenggorokan. Keharuman rosemary dapat memberi efek menenangkan dan mengurangi sakit perut.

  1. Ginseng

Ginseng sudah lama dikenal sebagai herbal penambah stamina tubuh yang banyak dikonsumsi kalangan altet. Kandungannya adalah glikosida, minyak atsiri, fitosterol, asam lemak, vitamin B, serta mineral. Ginseng berguna untuk menormalkan tekanan darah, mengurangi stres, serta kelelahan.

  1. Jahe

Jahe sangat bermanfaat untuk stamina tubuh. Rasa jahe yang pedas hangat dapat menghangatkan suhu tubuh. Jahe  juga bagaikan ekspektoran alami yang dapat mengobati radang tenggorokan, batuk dan pilek. Selain itu, jahe juga berguna mengatasi masalah pencernaan.(fm)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.275
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.113.626